HomeTips & Trik

Cara Gunakan Kondisioner yang Benar Biar Rambut Lebih Lembut

Like Tweet Pin it Share Share Email

Cara Gunakan Kondisioner yang Benar Biar Rambut Lebih Lembut

Mencuci rambut merupakan salah satu kegiatan rutin yang mungkin Anda lakukan ketika melakukan aktivitas mandi. Bagi sebagian orang, rasanya kurang sah mandi tanpa keramas sekaligus. Namun, seringkali Anda kebingungan karena rambut Anda kasar dan bahkan rontok meskipun sudah keramas dengan rutin. Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus menggunakan kondisioner untuk rambut Anda. pelembab rambut ini memang berperan penting menjaga kondisi rambut. Akan tetapi, penggunaannya pun harus sesuai. Oleh karena itu, ada beberapa tips dalam menggunakan pelembab rambut yang baik dan benar.

Tips Menggunakan Kondisioner yang baik dan benar

  1. Kenali Jenis Rambut Anda

Sebelum memilih jenis kondisioner yang tepat Anda harus mengetahui karakteristik dari rambut Anda. Terdapat 3 jenis rambut yaitu rambut kering, berminyak, atau rambut normal. Anda yang memiliki rambut berminyak umumnya mengalami kendala rambut yang kusam dan cepat lepek. Jika tidak segera ditangani maka akan berakibat kepada rasa gatal, kotor, dan ketombe. Untuk rambut yang normal biasanya Anda akan terhindar dari dua gejala yang dialami rambut kering dan berminyak. Umumnya rambut normal memiliki tingkat ketombe dan rontok yang minim.

  1. Sesuaikan jenis Rambut dan Produk Perawatan Rambut

Setelah mampu mengklasifikasikan jenis rambut maka Anda harus mencari produk perawatan rambut yang sesuai dengan kriteria rambut Anda. Hal itu karena tiap-tiap shampo dan kondisioner memiliki formula yang berbeda dalam merawat mahkota Anda. Kesalahan pemilihan jenis produk akan memperburuk kondisi rambut yang Anda miliki.

  1. Bersihkan Rambut dengan Shampo sebelum menggunakan pelembab

Tahap awal dalam menggunakan pelembab pada rambut Anda yaitu dengan mencuci rambut menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Bacalah dengan hati-hati petunjuk di balik shampo yang Anda gunakan karena biasanya tercantum kriteria jenis rambut yang cocok untuk produk tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal,  sebaiknya bilas rambut dengan menggunakan air hangat. Tujuanya yakni untuk membuka pori-pori pada rambut. Tahapan selanjutnya yaitu ambil secukupnya shampo di telapak tangan Anda, kemudian oleskan merata pada kulit kepala. Usahakan sambil memberi pijatan pada kulit kepala agar shampo meresap sempurna. Hal-hal yang perlu dihindari ketika membersihkan rambut dengan shampo yaitu mencuci hingga ke ujung rambut karena dapat membuat rambut Anda semakin kering dan rontok. Setelah itu bilaslah rambut Anda hingga bersih sempurna.

  1. Gunakan Kondisioner

Setelah Anda memastikan rambut sudah bersih dan tidak ada busa bekas shampo maka langkah selanjutnya yaitu menggunakan kondisioner. Pelembab rambut ini berperan dalam menutrisi rambut, mencegah rambut dari kerusakan, membuat rambut lebih lembut, dan memperkuat jaringan rambut. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan pelembab ini hanya pada rambut dan hindari bagian kulit kepala. Hal yang terjadi ketika  menggunakan pelembab pada kulit kepala akan menyebabkan kulit kepala berminyak, rambut terasa lepek, dan berketombe. Hal itu karena pelembab rambut mengandung minyak yang cukup tinggi yang berfungsi untuk menutrisi rambut bukan kulit kepala.

Kondisioner membutuhkan waktu untuk menyerap kedalam kulit kepala rambut Anda. Oleh sebab itu, ketika memakai pelembab rambut sebaiknya menunggu dahulu selama 15 menit sebelum Anda membilas rambut. Kemudian bilaslah rambut menggunakan air dingin yang berfungsi untuk menutup pori-pori agar kelembapan rambut tetap terjaga. Itulah tips menggunakan pelembab yang baik dan benar. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda dalam merawat dan menjaga mahkota Anda.

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX59898B94B397C