HomeTips & Trik

Cara Merawat Dapur Lebih Tahan Lama

Cara Merawat Dapur Lebih Tahan Lama
Like Tweet Pin it Share Share Email

Cara Merawat Dapur Lebih Tahan Lama

Kondisi rumah mencerminkan karakter pemiliknya. Tidak hanya ruangan yang terlihat saja, bagian yang jarang disinggahi tamu pun harus dijaga kebersihannya. Bagi Anda yang memiliki dapur bersih minimalis, harus membuat jadwal perawatan rutin agar kondisinya tetap terjaga. Meskipun kecil, bukan berarti diabaikan begitu saja. Bagaimanapun juga dapur menjadi tempat yang Anda gunakan sehari-hari untuk memasak. Jika keadaannya kotor, akan berdampak pada makanan yang dimasak.

Tips Merawat Dapur Minimalis

Setiap orang memiliki rumah impian masing-masing. Selain ruang tamu, kamar tidur, dan ruang berkumpul keluarga, dapur menjadi bagian yang sangat penting. Banyaknya material unik yang memudahkan Anda untuk menghias dapur dengan pernak-pernik sesuai selera. Ada yang senang dengan desain modern nan mewah, ada juga yang menyukai dapur bersih minimalis. Perhatikan cara merawatnya agar perabot dan perlengkapan yang digunakan untuk memasak tidak gampang rusak dan tahan lama.

  1. Langsung membersihkan selesai digunakan

Agar noda tidak membekas, segera bersihkan peralatan yang selesai dipakai. Tidak hanya itu, lantai, meja, dan kompor harus dilap dengan kain bersih agar dapur terlihat bersih dan rapi. Kondisi ini bisa membuat Anda betah berlama-lama di dapur.

  1. Periksa saluran air

Banyak yang menyepelekan kebersihan saluran air pada tempat cuci piring. Malas membuang sisa makanan justru akan membuat sumbatan yang berakibat fatal. Jika sudah tersumbat, maka harus dilakukan perbaikan segera. Dengan cara membuang kotoran yang menyumbat. Jika tidak segera dibersihkan, bisa menimbulkan bau tak sedap di dapur bersih minimalis.

  1. Mengatur tempat penyimpanan

Dapur yang berantakan dapat membuat Anda malas menggunakan. Jika tidak tertata dengan benar, bisa menyebabkan peralatan makan dan masak cepat rusak. Karena itulah simpan perabotan pada tempatnya dan bersihkan secara berkala. Untuk perlengkapan yang jarang dipakai, bisa dibersihkan seminggu atau sebulan sekali menyesuaikan kondisi.

  1. Memisahkan sampah kering dan basah

Salah satu masalah besar yang terjadi di dapur adalah munculnya bau tidak sedap. Hal ini bisa mengundang kuman penyakit dan hewan pengerat seperti tikus, kecoa, dan lain-lain. Timbulnya bau biasanya bersumber pada sampah basah. Solusinya dengan memisahkan jenis sampah dan jangan malas membuangnya setiap hari agar tercipta dapur bersih minimalis.

  1. Menambahkan hiasan

Sekarang ini banyak hiasan dapur yang dijual di pasaran. Beberapa memiliki desain unik dan tidak hanya berfungsi sebagai pemanis saja, bisa digunakan untuk tempat penyimpanan. Jika ingin lebih irit, bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai di rumah.

  1. Segera perbaiki kerusakan

Kerusakan perabot dapur jika tidak segera diperbaiki akan menimbulkan masalah yang besar. Misalnya jika saluran pada tempat cuci piring tersumbat. Segera perbaiki agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. Diantara perabotan memasak yang sering rusak seperti kompor, kulkas, dan lain-lain.

Beberapa desain rumah sengaja menyatukan dapur dengan ruang makan agar lebih mudah menyajikan hidangan. Sebab itulah kebersihan dan kerapian tempat memasak harus diperhatikan agar tidak mengurangi selera makan. Jika Anda hobi dengan dunia kuliner, pastinya sudah mengetahui bagaimana cara merawat dapur agar terlihat indah dan menarik. Bersihkan setiap hari dengan cara di sapu dan di pel agar kotorannya hilang.

Setelah mengetahui cara merawat dapur bersih minimalis, diharapkan bisa memberi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memiliki tempat masak yang rapi. Dengan menjaga kebersihan, maka perabot yang ada tidak akan gampang rusak dan tahan lama sehingga lebih menghemat belanja bulanan.

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX59898B94B397C