HomeTips & Trik

Memahami Penyebab dan Cara Menangani Munculnya Reaksi Alergi Kulit

Like Tweet Pin it Share Share Email

Memahami Penyebab dan Cara Menangani Munculnya Reaksi Alergi Kulit

Reaksi alergi merupakan suatu respon yang dilakukan oleh tubuh ketika tubuh terpapar oleh alergen. Pada alergi kulit, maka respon tubuh seringkali ditunjukkan oleh berbagai kondisi, mulai dari yang ringan maupun reaksi yang serius. Penyebab munculnya reaksi terhadap alergi ini pun juga berbeda-beda, sehingga penting untuk diketahui beserta cara penanganannya.

Kekebalan tubuh akan mengalami respon ketika tubuh mendapatkan paparan dari alergen atau zat asing yang belum dikenali oleh kekebalan tubuh. Pada masing-masing orang, sensitivitas kulit terhadap alergen juga berbeda-beda. Ada yang sanga sensitif, namun ada pula yang cukup tahan. Adapun gejala yang sering dimunculkan sebagai reaksi alergi pada kulit di antaranya adalah kulit yang memerah, kulit terasa gatal, bahkan hingga terjadi pembengkakan.

Penyebab Munculnya Reaksi Alergi Kulit

Alergi kulit merupakan reaksi alergi yang muncul pada permukaan kulit. Adapaun alergi pada kulit dapat dipicu oleh berbagai hal di antaranya:

  1. Penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan tertentu. Terkadang, orang dapat mengalami alergi terhadap perias wajah, deodoran, sabun, atau shampo.
  2. Beberapa obat-obatan oles juga dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi pada kulit seseorang.
  3. Berbagai jenis aksesoris yang terbuat dari berbagai bahan juga mampu mengakibatkan alergi.
  4. Tanaman yang mengandung senyawa tertentu juga mampu mengakibatkan alergi pada kulit yang sensitif.
  5. Parfum yang disemprotkan ke tubuh juga dapat mengakibatkan alergi kulit pada penderita alergi.

Beberapa hal di atas merupakan beberapa penyebab alergi kulit. Adapun reaksi alergi bisa muncul pada saat terpapar langsung maupun beberapa saat, bahkan beberapa hari setelah terpapar alergen. Pada beberapa kasus, reaksi alergi yang berlebih mampu mengakibatkan anafilaksis yang dapat mengakibatkan kematian.

Cara Menangani Munculnya Reaksi Alergi Kulit

Setelah mengetahui penyebab utama dari alergi kulit, maka ada beberapa cara untuk menangani alergi kulit, di antaranya:

  1. Menggunakan Lotion Calamine atau Krim Hidorkortison

Lotion ini merupakan krim yang mampu mengurangi rasa gatal dan panas pada kulit yang alergi. Akan tetapi, penggunaan krim hidrokortison harus mengikuti rekonmendasi dari dokter.

  1. Mandi dengan Air Dingin

Gejala alergi dapat semakin parah apabila berendam di dalam air panas. Untuk mengurangi ruam pada kulit, Anda bisa mandi dengan menggunakan air dingin. Setelah mandi, segera keringkan dengan handuk bersih dan gunakan pelembap yang aman.

  1. Menggunakan Pakaian yang Longgar dan Lembut

Ruam pada kulit akibat alergi akan lebih parah jika justru menggunakan pakaian yang ketat dan kasar. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ketika reaksi alergi kulit telah muncul, maka pakaian yang digunakan adalah pakaian yang longgar dan berbahan lembut.

  1. Melakukan Tes Alergi

Apabila belum diketahui penyebab alergi pada kulit, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan kepada dokter. Anda bisa melakukan tes alergi dan kemudian akan mendapatkan penanganan dan arahan yang lebih tepat dari dokter.

Alergi pada kulit seringkali menjadikan kulit terasa gatal, panas, memerah, hingga bengkak. Anda bisa menangani reaksi alergi ini secara pribadi dengan beberapa cara di atas. Namun, jika reaksi tidak kunjung hilang, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi kulit Anda kepada dokter yang kompeten. Selain itu, sangat penting untuk memahami apa yang menyebabkan alergi kulit. Sebab, jika penyebab tidak segera diketahui, maka bisa jadi Anda akan mengalami reaksi yang lebih parah.

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX59898B94B397C