HomeLifestyle

Nanas, Buah yang Dilarang untuk Program Hamil, Benarkah?

Like Tweet Pin it Share Share Email

Nanas, Buah yang Dilarang untuk Program Hamil, Benarkah?

Selama menjalani program kehamilan, tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali masukan dan larangan yang harus dilakukan. Salah satunya Anda dilarang untuk mengonsumsi buah nanas selama program hamil. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan demikian? Benarkan nanas merupakan salah satu buah yang dilarang untuk program hamil? Berikut penjelasannya.

Kontraksi Sebelum Waktunya

Pada umumnya bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan selama trimester pertama akan mengalami berbagai masalah. Terutama bagi Anda yang memiliki rahim kurang kuat. Kebanyakan mitos beranggapan bahwa nanas merupakan buah yang dilarang untuk program hamil dan patut untuk Anda hindari.

Mengapa demikian? Pasalnya buah nanas mengandung bromelain yang mampu memperlemah leher rahim. Jadi dikhawatirkan jika Anda mengonsumsi nanas dalam jumlah yang berlebihan akan mengganggu kandungan Anda.

Anggapan ini membuat sebagian besar ibu hamil jarang mengonsumsi nanas selama masa kehamilannya. Namun bagi Anda yang ingin memakannya, sangat disarankan untuk mengonsumsi setelah melalui trimester pertama dalam jumlah yang terbatas. Selain itu pastikan Anda memilih nanas yang memang benar-benar sudah matang.

Keguguran

Benarkah buah nanas dapat menyebabkan keguguran? Sebenarnya anggapan yang satu ini tidak sepenuhnya benar. Karena adanya kandungan bromelain pada nanas, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi nanas yang belum matang dengan warna kulit yang masih hijau. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki riwayat keguguran.

Meski demikian bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi buah nanas selama masa kehamilan. Jika ingin memakannya pastikan Anda mengonsumsi buah nanas dalam jumlah yang terbatas. Pastikan juga buah yang akan Anda makan memang sudah matang.

Masalah Kesehatan Kehamilan

Rasa asam yang terkandung dalam buah nanas ternyata dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat mag. Meski pada umumnya buah nanas masih boleh dikonsumsi oleh ibi hamil, namun ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya menghindarinya karena dapat mengganggu kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

Jadi kesimpulannya buah nanas yang kaya akan vitamin C dan nutrisi ini masih boleh dikonsumsi selama program kehamilan asalkan masih dalam jumlah yang terbatas dan memilih buah nanas yang memang sudah benar-benar matang. Selain itu perlu untuk diperhatikan bahwa tak semua ibu hamil boleh mengonsumsi nanas meski dalam jumlah yang sedikit.

Untuk itu bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan dan ingin mengonsumsi buah nanas, sebaiknya berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan Anda terlebih dahulu. pasalnya setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit gastritis, pastikan untuk menghindari nanas selama program kehamilan.

Nah di atas merupakan beberapa alasan dan penjelasan mengapa nanas merupakan buah yang dilarang untuk program hamil. Meski nanas juga termasuk ke dalam buah penyubur kandungan, pastikan Anda tetap memperhatikan jumlah yang dikonsumsi. Agar program kehamilan dapat berjalan lebih lancar, dapatkan tips menarik lainnya di orami.co.id.

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX59898B94B397C